Pengalaman berobat di Penang Adventist Hospital Malaysia (Sebelum berangkat/Part 1)


Karena satu dan lain hal keberangkatan saya ke adventist ini tergolong mendadak. Memang ada banyak rumah sakit bagus di Penang, tapi setelah melalui beberapa research, lihat-lihat dokter credentials di pah.com.my serta tanya-tanya teman, maka saya putuskan untuk mencoba Adventist untuk konsultasi Urology dengan Dr. Teh Chu Leong.

Saya melihat pengalaman saya ini sangat berharga dan ingin saya bagikan sehingga bisa memberi manfaat bagi orang lain.

So to cut it short, berikut langsung tips saya sebelum berangkat ke Adventist Penang Malaysia:

1. Jam Operasional Adventist

Adventist buka Senin-Kamis jam 08:00-04:30 sore dan minggu 08:00-12:30, tapi hari sabtu libur dokter tidak praktek begitu juga administratif pendaftaran tidak ada. Jadi kalau telepon atau email di hari sabtu percuma saja karena tidak ada yang akan respon. Tapi terkadang jadwal untuk tiap dokter bisa berbeda-beda, untuk pastinya coba telepon langsung ke (+604) 222 7200 atau email langsung ke 

2. Pemilihan Hotel

Pilih hotel yg dekat rumah sakit, karena seringkali kita perlu menunggu lama cukup lama, atau ada keluarga yang menemani, kalau hotel dekat maka sangat mudah untuk istirahat sementara juga bagi keluarga untuk bolak-balik menjenguk. Saya cuma tahu 2 hotel terdekat dengan Adventist,  Georgetown City Hotel (tepat di seberang Adventist) dan Apple 1 Hotel sedikit lebih jauh. Jarak keduanya sangat dekat, 5 menit walking distance. PENTING: Adventist punya kerjasama rekanan dengan kedua hotel tersebut, dan kita bisa mendapatkan diskon atau rate khusus kalau booking melalui adventist. Oleh karena itu segera tanyakan ke customer relation Adventist untuk bantu booking ke hotel-hotel tersebut.In my case karena saya mepet dan sabtu Adventist libur jadinya saya sabtu pakai rate reguler di Georgetown City Hotel, nah waktu perpanjang satu hari tambahan baru pakai rate adventist. Biaya menginap saya per malam untuk super single (one bedroom) adalah Ringgit 168/ malam (sudah termasuk pajak dll) sementara kalau pakai rate adventist rm 143 per malam.

Tips tambahan lainnya, yang saya dengar dari pasien teman sekamar, memang ada seperti rumah-rumah yg bisa disewakan di sekitar Adventist, cuma seringkali disuruh pindah ditengah jalan, misal baru menginap 2 hari disuruh pindah ke rumah dia juga yang lain tp yg jaraknya lebih jauh, jadi strateginya 2 malam pertama diberikan rumah yang sangat dekat, lalu digeser pelan-pelan ke yang lebih jauh dengan alasan sudah ada yang booking. Namun hal ini saya tidak tahu kebenarannya, karena saya tidak mengalaminya langsung. 

3. Rute Penerbangan

ketika saya pergi dari Jakarta, cuma ada 1 airline yang memiliki penerbangan langsung ke penang, yaitu Airasia, saya berangkat 3 Januari 2015, jadi lumayan ketar ketir juga karena cuaca cenderung buruk dan dihantui jatuhnya QZ8501. Tapi ya itu dia karena cuma ada satu airline yang direct dengan masa terbang 2 jam, sementara Malaysian Airlines, Singapore Air (SQ) tidak ada yang langsung, alias harus transit di KL atau di Singapore, so durasi terbang bertambah minimal 1 jam. Garuda Indonesia bahkan tidak memiliki rute ke Penang baik direct maupun transit. So opsi satu-satunya cuma Airasia dengan jadwal dua kali sehari, pagi atau sore.

4. Telepon Bank Penerbit Kartu Kredit.

Jika anda berniat untuk menggunakan kartu kredit di Penang, maka ada baiknya anda menelepon bank penerbit untuk sekedar menginformasikan bahwa anda akan menggunakan kartu kredit tersebut di penang malaysia, karena takutnya transaksi anda dianggap mencurigakan karena tiba-tiba digunakan diluar Indonesia. Dalam kasus saya, saya hanya membawa uang cash sekitar 83 ringgit (300 ribu rupiah) untuk kebutuhan taksi dan lain-lain, sisanya utk pembayaran hotel, rumah sakit saya full menggunakan kartu kredit.

Atau bisa juga melakukan tarik tunai dari rekening tabungan kita di Penang, sepertinya lebih murah dibandingkan melakukan penukaran disini.

Saya menggunakan kartu kredit CIMB Niaga, karena dia merupakan bank malaysia, sehingga rate konversi dari ringgit ke rupiah tergolong murah. Jadi sebaiknya jangan repot-repot bawa uang beribu-ribu ringgit.

5. Siapkan Nomor Seluler Indonesia 

Aktifkan roaming internasional untuk nomor handphone anda jika anda berencana menggunakan nomor tersebut di penang. Saya menggunakan telkomsel, tapi saya tidak menggunakan paket data telkomsel karena mahal, untuk data selama seminggu biayanya sekitar 480rb rupiah. Saya berencana untuk membeli nomor lokal sesampainya di penang.

Jika tidak ingin mengunakan data di penang, maka sebaiknya roaming data dimatikan, kalau ragu lebih baik matikan saja handphone anda, karena jika kena roaming internasional biayanya bisa berjuta-juta. In my case walaupun saya mengaktifkan telkomsel saya cuma untuk telepon dan sms masuk, entah kenapa bahkan setelah dicoba beberapa kalo tetap tidak bisa digunakan di penang, alhasil telkomsel saya mati total.

6. Telepon Internasional Murah ke Penang

Kalau pakai Telkomsel, bisa ada rate khusus murah untuk telepon ke luar negeri pakai kode 01017. Jadi saya bisa langsung telepon langsung ke rumah sakit dan ke hotel untuk koordinasi. Terakhir saya telepon selama 15 menit sekitar Rp. 18,000 jadi lumayan murah lah untuk ukuran sambungan internasional.

7. Bahasa

Untuk komunikasi saya menggunakan bahasa inggris, namun rata-rata baik hotel maupun rumah sakit bisa bicara indonesia karena kedekatan budaya, jadi jangan khawatir jika tidak bisa bahasa inggris, tapi saya sarankan anda bicara lebih perlahan.
Demikian pengalaman saya atas persiapan perjalanan dari Jakarta menuju rumah sakit Adventist di Penang. Berikutnya adalah ulasan saya ketika saya mendarat di Penang (Ketibaan/Part 2).

Leave a Reply

