Kartu Kredit dan Keuntungannya


Sebagai sebuah alat pembayaran, penggunaan kartu kredit sudahlah sangat umum di masyarakat. Namun sebenarnya bagaimanakah cara kerja kartu kredit, apa untungnya menggunakan kartu kredit, dan bagaimana menyiasatinya agar kita bisa memanfaatkan kartu kredit dengan maksimal namun tidak terjebak dalam jeratan hutang yang tiada akhir didalamnya. Sebagai seorang praktisi perbankan yang hampir seluruh karir dihabiskan di dunia kartu kredit, dalam artikel ini saya mencoba menjelaskan semuanya sebagai salah satu bentuk PSR (personal social responsibility hehehe) dengan cara semudah mungkin dan sebatas pengetahuan saya. Jika ada yang salah, mohon Anda yang lebih senior dapat memberikan komentar untuk membenarkannya.

Kartu kredit, dari namanya kita sebenarnya sudah bisa menarik kesimpulan apa itu kartu kredit. Ya benar kartu-kredit alias kartu hutang alias sebuah alat untuk berhutang alias alat untuk menunda pembayaran kita, singkatnya kita bisa menikmati sesuatu sekarang namun dengan membayar belakangan (hutang dulu), semua kegiatan pembelian kita itu dikumpulkan kedalam satu tagihan kartu kredit dan dibayarkan sekaligus melalui kartu kredit tersebut.

Keuntungan Kartu Kredit

Dengan memiliki kartu kredit sebenarnya banyak sekali keuntungan-keuntungan yang bisa didapatkan oleh pemegangnya. Antara lain adalah sebagai berikut:

1. Keuntungan diskon

Khusus di Indonesia, bank-bank penerbit kartu kredit sangat-sangat memanjakan (spoil) cardholdernya, diskon untuk kartu kredit tipe tertentu bahkan sangat gila, pernah diskon untuk kartu platinum mencapai 75%.
So definitely program diskon ini yang sangat ditunggu2 oleh pemegang kartu, dan menjadi senjata utama bagi akuisisi kartu baru. Program ini tanpa banyak berhitung pun sudah diketahui pasti akan sangat menguntungkan bagi pemegang kartu.

2. Menunda pembayaran
Sesuai dengan namanya kartu kredit, kita bisa menunda pembayaran bahkan hingga 45 hari. Jadi ilustrasinya kita makan sekarang, bayarnya 45 hari kemudian, lumayan bukan, jadi uangnya bisa diputarkan untuk yang lain terlebih dahulu. Tapi ingat menunda pembayaran ya, bukan berarti tidak bayar.

3. Kemudahan dan kenyamanan.
Mudah karena dengan memiliki satu lembar kartu plastik ini, didalamnya kita bisa melakukan pembelanjaan mulai dari 3 juta rupiah hingga puluhan bahkan ratusan juta rupiah. Kebayang donk kalau kita mesti bawa uang cash sebanyak itu ke mall, bisa jadi belum sampai mall, sudah keburu di rampok duluan. So satu lagi kelebihannya Mudah dan Nyaman

4. Keren & Prestise
Believe it or not, beberapa orang prefer menggunakan kartu kredit dari bank tertentu karena keren dan prestisenya. Jadi biasanya jika Anda punya kartu platinum (apalagi baru punya kartu platinum), saya berani taruhan jika Anda bertransaksi apalagi jika bersama teman-teman, walaupun Anda punya cash, bisa jadi Anda tetap saja menggunakan kartu platinum Anda, kenapa karena semua orang tahu tidak sembarangan untuk memiliki kartu platinum, harus memiliki income tertentu (bervariasi di berbagai bank, tapi minimum 15 juta/bulan). So secara tidak langsung warna kartu tersebut juga menunjukkan status yang pemegangnya. Dan orang suka menunjukkan statusnya. 

5. Fasilitas cicilan 0%
Pada saat ini hampir semua bank memiliki fasilitas cicilan 0%, di mana pada barang-barang tertentu yang kita beli, baik melalui katalog bank tersebut atau pun pada beberapa toko, ada fasilitas cicilan 0%. Artinya ya Anda dapat mencicil tanpa dikenakan bunga apa pun. Contoh: Belanja 10 jt, jika Anda mengikuti program cicilan 0% 10 bulan misalnya, so Anda hanya perlu membayar Rp. 1 juta per bulannya. Harga barang dibagi 10 bulan. Sesederhana itu. Tujuan dari adanya fasilitas cicilan ini adalah untuk meningkatkan daya beli pemegang kartu, jika pada awalnya terasa berat untuk membeli barang seharga 10jt lalu harus dibayar full di bulan berikutnya, dengan fasilitas cicilan, Anda bisa mendapatkan barang yang sama, tapi pembayarannya dilakukan selama 10 kali. Ringan bukan?

6. Fasilitas tagihan bulanan/Recurring Billing
Fasilitas recurring billing/pembayaran tagihan rutin bulanan menurut saya pribadi merupakan salah satu fasilitas yang sangat-sangat membantu kita. Dengan fasilitas ini kita bisa menyatukan seluruh tagihan bulanan kita, telkom, telkomsel, listrik, air dan sebagainya ke dalam satu kartu kredit. Tidak perlu pusing mengingat kapan kita harus membayar setiap tagihan tersebut, karena bank penerbit kartu kredit akan otomatis membayarkan tagihan bulanan kita. Nantinya setiap tagihan rutin bulanan yang sudah terbayar tersebut akan ada di lembar tagihan kartu kredit kita.

Sebenarnya masih banyak lagi fasilitas-fasilitas yang diberikan oleh bank penerbit kartu kredit yang bisa kita dapatkan secara cuma-cuma/gratis/free. Bahkan sekarang sudah sangat umum setiap kartu kredit menawarkan bebas iuran tahunan pertama, artinya semua fasilitas di atas itu benar-benar gratis di tahun pertama.

Lalu apa salahnya kalau begitu dengan memiliki begitu banyak kartu kredit, toh gratis pula. Dan kenapa kok bank mau memberikan begitu banyak keuntungan untuk pemegangnya, dari mana bank bisa mendapatkan keuntungan jika semua fasilitas tersebut adalah gratis.

Bank memberikan begitu banyak keuntungan untuk mendorong Anda agar menjadi lebih konsumtif, loyal terhadap kartu tersebut dan berharap suatu saat Anda dapat menjadi seorang revolver.

Apa itu revolver? Tunggu pembahasan berikutnya.

marketronia.wordpress.com

One thought on “Kartu Kredit dan Keuntungannya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s